Header Ads


5 Kereta Api Tercepat Di Dunia

WARISANQQ.net - Kereta merupakan salah satu Trasportasi yang bebas kemacetan lalu lintas sehingga setiap negara yang jumlah penduduknya padat berlomba lomba membangun serana dan prasarana kereta api kni kereta api tidak saja berfungis sebagai saran angkutan umum yang mudah dan cepat tapi di banyak negara di dunia kereta api sungguh dijadikan arena wisata terutama pada kereta punya kecepatan seperti pesata jet 


1. JR-Maglev MLX01 (Jepang)


JR-Maglev, MLX01 (X berarti eksperimen), adalah sebuah sistem kereta maglev yang dikembangkan oleh Japan Railway Technical Research Institute (berasosiasi dengan Japan Railway Group), terdiri dari maksimum 5 gerbong untuk berjalan di jalur tes Maglev Yamanashi. Pada 2 Desember 2003, sebuah kereta dengan tiga gerbong mencapai kecepatan maksimum 581 km/j (361 mpj). Kereta ini merupakan salah satu desain terbaru dari beberapa seri kereta Maglev yang dikembangkan di Jepang sejak 1970-an.

2. TGV - Train a Grande Vitesse (Perancis)


Train à Grande Vitesse (disingkat TGV) adalah Kereta kecepatan tinggi yang berasal dari Prancis TGV Thalys memiliki kecepatan sekitar 250 kilometer per jam, ini memang bukan kereta paling cepat TGV karena ada yang kecepatannya mencapai 550 kilometer per jam TGV yang pertama kali dioperasikan untuk umum tahun 1974 untuk rute Paris-Lyon bukan kereta cepat pertama di dunia, karena sebelumnya pada tahun 1964 Jepang sudah lebih dulu membuat Shinkansen yang menghubungkan Tokyo-Osaka. TGV diproduksi oleh pabrik kereta api Alstom.

3. Ice - Inter Citi Express ( Jerman)


InterCityExpress atau ICE adalah sejenis kereta kecepatan tinggi dioperasikan oleh DV Fernverkehr di Jerman dan beberapa negara tetangga, contohnya Zürich, Swiss atau Wina, Austria. Kereta ICE juga berjalan dengan kecepatan rendah ke Amsterdam, Belanda dan Brussel, Belgia. Operator jalur rel Spanyol RENFE juga menggunakan kereta ini, dan Rusia juga memesan 60 kereta ini untuk melayani rute St. Petersburg dan Moskwa (namun, pihak Rusia sepertinya tidak puas dan persetujuannya ditunda).

4.CRH 380A Maglev Shanghai (china)


Kereta Maglev Shanghai atau Shanghai Transrapid adalah kereta magnet levitasi, atau jalur maglev yang beroperasi di Shanghai, Tiongkok. Jalur ini adalah yang pertama yang dioperasikan secara komersial dari sebuah garis levitasi magnetik berkecepatan tinggi di dunia Pembangunan jalur dimulai pada 1 Maret, 2001 dan layanan komersial publik dimulai tanggal 1 Januari 2004. Kecepatan komersial operasional kereta ini adalah 431 km/h (268 mph), sehingga menjadi kereta tercepat di dunia dalam layanan komersial biasa sejak pembukaannya pada bulan April 2004. Selama uji coba non-komersial pada tanggal 12 November 2003, sebuah kereta maglev tercacat kecepatan di Tiongkok sampai 501 km/h (311 mph). Shanghai Maglev memiliki panjang 153m, lebar 3.7m, ketinggian dari 4.2m dan tiga kelas dengan 574 konfigurasi penumpang.

5. KTX (Korea Selatan)


Korea Train eXpress adalah kereta kecepatan tinggi Korea Selatan. Kereta ini dirancang berdasarkan dari teknologi TGV Prancis dan memiliki kecepatan tertinggi 300 km/jam atau lebih. Pada 16 Desember 2004, HSR350X mencapai kecepatan percobaan pada 352,4 km/jam. Setelah 12 tahun dalam pembangunan, bagian pertama sistem yang menghubungkan Seoul ke Busan lewat Daejeon dan Daegu dan Seoul ke Mokpo (Jalur Honam) dibuka pada 31 Maret 2004. Dengan menggunakan rel kecepatan tinggi setengah bagian saja, jalur ini dapat memotong waktu perjalanan antara Seoul dan Busan (Jalur Gyeongbu) dari 260 menit menjadi 160 menit; peningkatan ke 116 menit direncanakan pada 2010, ketika kereta ini beralih ke jalur kecepatan tinggi seluruhnya.

No comments